Tetap Cantik Saat Berolahraga

25Jul, 2019

Cantik saat Berolahraga. Baru sejak sekitar satu dekade lalu, pusat kebugaran beralih fungsi menjadi salah satu tempat untuk cuci mata dan mencari pasangan. Tidak heran jika pusat kebugaran yang dahulu didominasi oleh pria berkeringat kini naik kelas menjadi tempat berkumpulnya pria wangi dan wanita berkosmetik tebal. Namun, pernahkah Anda merasa bersalah berolahraga dengan make-up lengkap? Apa dampaknya bagi kulit? Lalu, perlengkapan lenong seperti apa yang cocok buat menemani aktivitas fisik Anda? Berikut laporan kami untuk Anda yang sporty.

Menyumbat pori-pori dan memicu jerawat

Buat wanita karir, punya waktu untuk olahraga adalah kesempatan yang langka. Jangankan menyempatkan diri untuk lari, jadwal Anda di pagi hari tentu sudah penuh dengan urusan sarapan, beres-beres rumah, ditambah mengantar anak ke sekolah bagi yang sudah berkeluarga. Kalaupun ada waktu di akhir pekan, rasanya lebih enak tidur daripada mengakrabkan diri dengan sepatu olahraga. Pada akhirnya, banyak orang yang memilih untuk berolahraga sepulang kerja pada sore hari, itu pun kalau tidak malas. Tidak heran jika makin banyak wanita yang berolahraga dengan make-up lengkap ‘sisa’ dari kantor. Alasannya, mandi setelah berolahraga toh juga akan membersihkan make-up sekaligus keringat yang menempel. Lagipula, siapa tahu Anda berlari di treadmill di samping pria keren?

Jika Anda ingin wajah tetap mulus cantik saat berolahraga, kebiasaan seperti ini sebaiknya dihentikan. Banyak wanita yang menggunakan kosmetik saat berolahraga agar tetap cantik dan percaya diri meski peluh bercucuran. Padahal, saat berolahraga adalah saat yang tepat bagi kulit untuk  ‘bernapas’. Akhirnya, kosmetik tidak hanya luntur dan merusak penampilan, tetapi juga mencetuskan timbulnya jerawat.

Seperti dikatakan oleh dr. Eva Melinda, saat berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Ini menyebabkan keluarnya keringat dan relaksasi pada kulit sehingga pori-pori melebar. Akibatnya, kosmetik dapat masuk dengan mudah dan menyumbat pori-pori. Hal ini akan menyebabkan timbulnya iritasi dan jerawat pada kulit. Selain itu, olahraga dengan pulasan kosmetik di wajah dapat mencetuskan timbulnya komedo, kulit menjadi kusam, dan tekstur kulit tidak merata.

Bedak, alas bedak, dan maskara adalah beberapa kosmetik yang perlu Anda hindari selama berolahraga. Maskara waterproof sekalipun dapat masuk ke dalam mata dan menimbulkan iritasi. Penggunaan blush on alias pemulas pipi juga dapat dibilang mubazir. Pasalnya, saat berolahraga pipi akan bersemu merah secara alami.

Cantik Saat Berolahraga – Bersihkan Tubuh

Jika Anda mengikuti lari marathon dan ingin tetap cantik saat memasuki garis finish, ada beberapa aturan pemakaian kosmetik yang perlu Anda perhatikan. Idealnya, kita perlu membersihkan wajah sebelum mulai berolahraga. Selain kulit jadi bebas bernapas, wajah yang bersih juga akan mencegah masuknya kuman dan sisa kosmetik serta tersumbatnya pori-pori. Pembersih lembut tanpa kandungan sulfat dan pewangi dapat membuat kulit bersih tanpa iritasi dan terasa kering akibat sering mencuci wajah. Sebagai alternatif, tissue pembersih kosmetik dapat menjadi penyelamat untuk membersihkan wajah lima menit sebelum Anda bergabung di kelas cardio.

Perlukah menggunakan pelembab sebelum berolahraga? Pelembab yang dioleskan sesaat sebelum berolahraga rupanya tidak akan bekerja secara optimal karena tidak sempat diserap oleh kulit yang memanas. Pelembab juga dapat membuat tangan menjadi licin atau lengket. “Tabir surya adalah jurus jitu jika Anda berolahraga di luar ruangan pada pagi atau siang hari,” jelasnya.

Banyak wanita yang merasa penampilan belum lengkap bila belum memulaskan lipstik. Meski umumnya tidak menimbulkan masalah, kehadiran lipstik di bibir dapat diganti dengan alternatif berupa lip gloss. Dengan demikian, bibir tetap sehat dan menyamarkan penampilan tanpa kosmetik.

Punya wajah mulus bak artis tentu tidak masalah bila tidak menggunakan kosmetik. Namun, bila menggunakan lip gloss saja belum cukup untuk membuat Anda percaya diri, dianjurkan untuk memilih kosmetik dengan formula nonkomedogenik. Selain itu, memilih pelembab ringan dan bebas minyak yang mengandung sedikit foundation mungkin pilihan yang baik sebagai pengganti alas bedak berat yang Anda gunakan sehari-hari.

Sedikit tips bagi Anda yang kurang percaya diri tanpa make-up, mengenakan pakaian olahraga yang imut dan lucu dapat mendorong rasa percaya diri. Buang jauh-jauh celana training longgar itu dan sesuaikan pakaian olahraga dengan kepribadian Anda. Pulaskan lip gloss  atau lip tint berwarna lembut untuk menyamarkan wajah polos Anda. Tatanan rambut yang keren dan tetap praktis juga dapat membuat Anda lebih percaya diri.

Perawatan setelah puas berkeringat, Cantik saaat Berolahraga

Ingin cepat pulang seusai berolahraga? Jangan lupa mandi terlebih dahulu. Pusat kebugaran umumnya dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi bukan tanpa alasan. Waktu terbaik untuk mandi setelah berolahraga adalah segera saat tubuh belum mulai mendingin, selambat-lambatnya satu jam setelah berolahraga. “Pada masa ini, pori-pori masih terbuka sehingga sisa kotoran dan kosmetik dapat segera dibersihkan sebelum pori-pori tertutup kembali,” jelasnya. Penggunaan sabun dengan butiran eksfoliator, scrub, atau waslap dapat membuat pembersihan kulit lebih mudah dan menyeluruh. Gosok dengan lembut agar tidak menimbulkan iritasi. Iritasi kulit juga dapat terjadi akibat penggunaan sabun yang mengandung antibakteri. Setelah itu, baru manjakan kulit dengan pelembab dan make-up setelah tubuh mendingin.

Acara bersih-bersih sesudah olahraga sangat penting. Meski demikian, akan lebih baik jika Anda membawa handuk dan sabun milik sendiri. Pasalnya, meski terlihat bersih dan wangi, handuk yang disediakan oleh pusat kebugaran belum tentu terjamin kebersihannya. Handuk yang jarang dicuci atau tidak dibersihkan secara maksimal dapat menyimpan kuman dari orang lain dan menularkan penyakit. Lingkungan yang lembab juga dapat ikut mencemari handuk yang Anda bawa dari rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *